Libanon Terima Pengiriman BBM Iran Kelima

20210918-masyarakat-libanon-menyambut-kedatangan-tanker-dari-iran
Masyarakat di Kota Beirut Libanon menyambut kedatangan tanker pengangkut BBM dari Iran. Sabtu 18 September 2021.

maiwanews – Libanon menerima pengiriman BBM (Bahan Bakar Minyak) kelima dari Iran, Tasnim News Agency melaporkan Kamis 23 September. Sumber-sumber di Libanon menyebutkan pengiriman itu melalui daerah perbatasan Hermel-al-Qasir.

Jaringan televisi al-Mayadeen hari Rabu mengatakan pengiriman itu melewati perbatasan Suriah ke Libanon membawa residu bahan bakar.

Sebelumnya, Kamis 16 September dua konvoi tanker tiba di Libanon. Konvoi tanker memasuki desa Hawsh al-Sayyed Ali di provinsi Baalbek-Hermel Timur Laut Libanon.

Pengiriman bahan bakar ke Libanon dilakukan ditengah sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran. AS memberlakukan kembali sanksinya terhadap Iran pada 2018 setelah mundur dari perjanjian nuklir bersejarah antara Iran dengan beberapa negara.

Tindakan serupa dilakukan terhadap Libanon untuk menekan pengaruh politik dan militer Hizbullah. Sanksi itu berdampak besar terhadap ekonomi Libanon hingga terjadi kekurangan bahan pokok termasuk bensin dan solar.

Hizbullah telah bersumpah bahwa negara itu akan terus mengimpor bahan bakar Iran, berjanji untuk tidak membiarkan Washington mengganggu kehidupan rakyat Libanon.

Sekjen (Sekretaris Jenderal) Hizbullah Seyed Hassan Nasrallah dalam sebuah pidatonya mengidentifikasi sebuah area di Beirut sebagai ruang operasi untuk merancang plot sabotase terhadap ekonomi negara. (z/Tasnim News Agency)