Longsor Desa Ngetos, Seluruh Korban Ditemukan

maiwanews – Seluruh korban meninggal dunia akibat longsor di Desa Ngetos telah ditemukan setelah dilakukan pencarian oleh Tim SAR (Search and Rescue) Gabungan hingga hari keenam Jumat 19 Februari. Bencana terjadi di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur hari Minggu tanggal 14 Februari lalu pukul 18:30.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Jumat 19 Februari pukul 22:00 WIB mencatat telah ditemukan 19 korban meninggal.

Jumlah itu sama dengan laporan kehilangan oleh warga. Selain korban meninggal, dilaporkan juga bahwa 142 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Ngetos masih berada di pengungsian di halaman SD Negeri 3 Ngetos.

Kepala Basarnas Jawa Timur Hari Adi Purnomo Jumat 19 Februari menyatakan operasi pencarian korban dihentikan karena seluruh korban telah ditemukan. Ia mengapresiasi keberhasilan operasi pencarian korban berkat kerja sama antara pemerintah baik pusat dan daerah serta relawan dan masyarakat.

Meski telah dihentikan, namun pencarian akan kembali dilakukan jika kembali ada laporan kehilangan kerabat. Sementara alat berat tetap beroperasi membenahi kondisi tanah pasca longsor. (BNPB)