Mahfud MD: Persenjataan Kita Sangat Mencemaskan, Cuma 17 Pesawat

maiwanews – Kondisi persenjataan Indonesia saat ini sangat mencemaskan di tengah situasi keamanan global maupun kawasan yang tidak menentu. Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udata (TNI-AU) cuma punya 17 pesawat tempur yang siap pakai.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Menurut Mahfud, kondisi tersebut diakui oleh Menhan Prabowo Subianto.

Menurut Mahfud, jumlah pesawat tempur di Indonesia saja masih jauh dari yang seharusnya. Menurut perhitungannya dengan Prabowo, kebutuhan pesawat di Indonesia seharusnya 200 unit.

Namun kata dia, Indonesia hanya memiliki 17 unit. “Kita baru punya pesawat 17 yang tertentu. 17 ini pun, dua sudah dikanibal,” ungkap Mahfud dalam diskusi bersama Rocky Gerung di RGTV Channel ID, Selasa (19/10).

Mahfud mengungkapkan, kondisi yang sama juga dialami pada senjata tembak dan kapal perang yang ada di Indonesia. TNI Angkatan Laut ujar dia, cuma memiliki beberapa rudal jarak 200 kilometer.

Oleh karena itu ucap dia, Kemenhan telah mengajukan proposal kepada Presiden Joko Widodo untuk proyeksi kebutuhan senjata di Indonesia. Proposal itu imbuhnya, berdasarkan penghitungan ulang yang dilakukan Kemenhan.

Seperti diketahui, selain di perang Rusia-Ukraina yang hingga kini belum usai, situasi di kawasan Laut China Selatan (LCS) belum juga mereda. China hingga saat ini belum melepas klaimnya atas sejumlah wilayah di LCS termasuk sebagian yang masuk wilayah Indonesia di Kepulauan Natuna.

Di saat yang sama, ketegangan antara China dan Taiwan juga tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Ditambah lagi ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan juga ikut memanaskan situasi menyusul aksi puluhan pesawat tempur kedua negara sempat saling berhadap-hadapan di udara.