Mantan Penasehat Trump Bersaksi Terkait Pemilu AS 2016

maiwanews – Mantan penasehat Donald Trump, Don McGahn, bersaksi di hadapan Komite Kehakiman Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS). Demikian disampaikan sejumlah angota Kongres dari Partai Demokrat Jumat 4 Juni.

Kehadiran mantan penasihat Gedung Putih itu terkait penyelidikan atas dugaan keterlibatan Rusia dalam pemilihan di Amerika Serikat pada tahun 2016 lalu. Pada kesempatan itu Don Mcgahn juga membeberkan tekanan terhadap dirinya untuk menghalangi penyelidikan federal. Namun saat ini transkrip kesaksian Don McGahn belum dipublikasikan. Transkrip baru akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Panggilan pihak Kongres AS terhadap pengacara tersebut pernah dilayangkan sekitar dua tahun silam. Ketika itu ia dipanggil dalam kaitan penyelidikan pelanggaran oleh mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Akhir tahun 2019, atas dasar tuduhan penyalahgunaan kekuasaan serta upaya menghalangi penyelidikan pihak Kongres, DPR AS mengadakan pemungutan suara untuk memakzulkan Trump. Senat membebaskannya, pada saat itu Senat Amerika dikuasai oleh Partai Republik. (VOA)