Maserati Debut di Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA Tahun 2023

20220111-davide-grasso-alejandro-agag
CEO Maserati Davide Grasso (kiri) dan Pendiri Formula E Alejandro Agag. Modena, Italia. Selasa 11 Januari 2022.

maiwanews – Maserati berencana memulai debutnya di Kejuaraan Dunia Formula E ABB (Asea Brown Boveri) FIA (Federation Internationale de l’Automobile) pada tahun 2023. Kejuaraan itu merupakan seri motorsport balap jalanan mobil bertenaga listrik. Kontak pers Maserati GB Jessica Leimanis hari Selasa (11/01/2022) mengatakan kombinasi warisan balap Maserati selaras dengan ABB FIA Formula E World Championship.

Komitmen merek berlambang trisula itu terhadap mobil bertenaga listrik dipercepat dengan kehadiran model Folgore. Selain itu, semua model baru Maserati juga akan tersedia dalam solusi listrik 100 persen, termasuk Grecale, GranTurismo, dan GranCabrio serta mobil sport super Maserati MC20.

Pada kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA Maserati akan memulai debutnya di grid pada Musim 9 dengan Gen3 baru. Mobil ini diklaim sebagai mobil balap Formula E tercepat, teringan, dan terkuat. Gen3 adalah mobil balap paling efisien di dunia, menampilkan serangkaian inovasi desain, produksi, dan teknologi terdepan di industri.

Sejak awal, balapan dramatis Formula E di jalanan kota-kota paling ikonik di dunia termasuk New York, Monako, Berlin, Mexico City, London, dan Roma mendorong mobil listrik saat ini melaju lebih jauh dalam setiap pengisian daya melalui peningkatan efisiensi energi, peningkatan dalam jangkauan baterai, dan kemajuan dalam pengembangan mesin penggerak.

Davide Grasso, CEO Maserati, dalam pernyataannya mengatakan “Kami sangat bangga bisa kembali ke tempat kami berada sebagai protagonis di dunia balap. Kami didukung oleh semangat dan inovatif secara alami. Kami memiliki sejarah panjang keunggulan kelas dunia dalam persaingan dan kami siap untuk mendorong kinerja di masa depan”.

Pendiri Formula E Alejandro Agag menyatakan bangga menyambut Maserati ke rumah baru mereka di motorsport kelas dunia. Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA adalah puncak dari balap listrik.

Hal senada disampaikan Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem, ia mengaku senang menyambut Maserati ke Formula E pada Musim 9. Partisipasi Maserati menunjukkan kepercayaan luar biasa pada masa depan Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA.

MASERATI DI DUNIA BALAP

Debut balap Maserati bermula pada 96 tahun lalu. Tipo 26 menjadi mobil balap pertama dengan logo Trisula (Trident), mulai balapan di Targa Florida pada tahun 1926. Dengan Alfieri Maserati di kemudi, pada balapan itu Maserati memenangkan tempat pertama di kelas hingga 1,5L.

31 tahun kemudian, Juan Manuel Fangio memenangkan Kejuaraan Dunia F1 bersama Maserati pada tahun 1957. Terakhir kali Maserati terlihat di kelas kursi tunggal adalah bersama Maria Teresa De Filippis, wanita pertama lolos ke Grand Prix Formula 1, di atas 250F.

Penampilan terakhirnya dalam balapan adalah dengan MC12, memenangkan 22 balapan (termasuk 3 kemenangan dalam 24 Hours of Spa) dan 14 gelar Kejuaraan di Kejuaraan Konstruktor, Kejuaraan Pembalap, dan Kejuaraan Beregu di FIA GT, dari tahun 2004 sampai 2010. (Maserati/z)