Masjid di 132 Kota di Iran Dibuka Kembali

maiwanews – Masjid-masjid di 132 kota Iran di daerah-daerah kategori zona putih akan dibuka kembali pada hari Senin 4 Mei, demikian disampaikan Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani. Zona putih merupakan wilayah resiko rendah virus korona.

Masjid Imam/Royal Isfahan Iran. (Foto: Patrickringgenberg)

Mengomentari pertemuan Kantor Pusat Penanggulangan Virus Korona Nasional (Coronavirus Fight National Headquarters) pada hari Minggu 3 Mei, Presiden Rouhani memuji masyarakat Iran karena mematuhi protokol kesehatan dan bekerjasama dengan pemerintah dalam upaya melawan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Merujuk inisiatif pengkategorian berbagai wilayah sebagai zona putih, kuning, dan merah sesuai dengan tingkat ancaman oleh virus korona, Presiden Rouhani mengatakan masjid di 132 kota dengan situasi putih atau beresiko rendah akan dibuka kembali besok.

Presiden Iran juga mencatat bahwa lebih dari 78 juta orang telah diskrining untuk deteksi virus korona baru pada tahap pertama dari skema nasional. Ia menambahkan, tahap kedua akan mencakup penyaringan 30 juta dalam proses lebih teliti.

Hari Sabtu lalu juru bicara Kementerian Kesehatan Iran mengatakan 80 persen dari kasus positif virus korona di negara itu telah sepenuhnya pulih dari penyakit menular dan meninggalkan rumah sakit. (Tasnim)