Massa Demo di Depan DPR Dukung Pancasila, Tolak RUU HIP

maiwanews – Massa dari berbagai elemen masyarakat berkumpul di depan gedung DPR MPR RI Jakarta Rabu 24 Juni dalam “Aksi Selamatkan NKRI & Pancasila Dari Komunisme”.

Sejumlah organisasi seperti Front Pembela Islam (FPI), Persaudaraan Alumni (PA) 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), Pemuda Pancasila, Forkabi, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), bang Japar, dan berbagai kelompok lainnya bergabung dalam aksi itu.

Meski sempat diguyur hujan, para demonstran tetap menjalankan aksinya, mereka dengan tegas menyatakan mendukung Pancasila dan menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Mereka menuntut agar RUU HIP dicabut dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

Selain penolakan terhadap RUU HIP, juga sempat terdengar teriakan “turunkan Jokowi” dan “bakar PKI”. Para demonstran berorasi dan meneriakkan yel-yel hingga akhirnya 12 orang perwakilan diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Sebagian demonstran di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) membawa bendera merah putih serta bendera berbagai kelompok ataupun ormas. Sebagian lainnya terlihat sibuk menawarkan makanan dan minuman kepada peserta aksi.

Para orator dan pihak keamanan senantiasa mengingatkan massa untuk tetap menjaga jarak dan mengenakan masker, mengingat aksi ini dilakukan di tengah pandemi Corona Virus Disesase 2019 (COVID-19). (*)