Megawati Dilantik Jadi Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional

maiwanews – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan dilantik sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN siang ini, Rabu (13/10/2021).

Kepastian pelantikan Megawati yang akan berlangsung di Istana Negara itu, disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Selain Megawati, sejumlah nama yang menempati posisi Dewan Pengarah dan anggota BRIN akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pelantikan tersebut merupakan tindaklanjut dari penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN sebelumnya yang ditandatangani Jokowi sebelumnya.

Dalam Perpres disebutkan bahwa BRIN yang mencakup penjabat Dewan Pengarah hingga anggotanya dan unsur pelaksananya adalah lembaga pemerintah yang menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

BRIN bertugas membantu presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi secara nasional.

Berada di bawah serta bertanggungjawab langsung kepada presiden, Perpres BRIN juga mengatur Badan Riset dan Inovasi Daerah atau Brida.

Seperti diketahui, awalnya BRIN didirikan pada 2019 menyusul Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang dipimpin oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Namun tahun ini, Presiden Jokowi melebur Kemenristek dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lalu BRIN menjadi lembaga sendiri.