Melawat ke Australia, Gubernur Sulsel Ingin Perkuat Kerja Sama

Foto Gub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman_02
Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, pada acara ‘South Sulawesi Investment Challenge 2022’ di Nusantara Hall Hotel The Rinra, Makassar pada 9 November 2022. (Foto: maiwanews/Sinyo)

maiwanews – Sebagai tindak lanjut kunjungan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese MP, tahun lalu, Gubernur Sulawesi SElatan, Andi Sudirman Sulaiman melakukan lawatan ke negara berjuluk Negeri Kanguru itu.

Pada hari kedua kunjungannya, Selasa (14/03/2023), Gubernur Sudirman bersama rombongan menjalani berbagai rangkaian kegiatan, termasuk kunjungan ke Negara Bagian Victoria. Di tempat ini mereka bertemu dengan para investor setempat. Pertemuan ini difasilitasi AIBC (Australian Indonesian Business Council) dan AIC (Australia Indonesia Centre).

Dalam pidatonya, Gubernur Sudirman menyampaikan berbagai potensi bisnis di Sulsel (Sulawesi Selatan). Para investor diharap bisa ikut terlibat dalam mengembangkan potensi-potensi tersebut.

Pria kelahiran 25 September 1983 ini juga memaparkan sejumlah upaya Pemprov (Pemerintah Provinsi) Sulsel dalam mendukung perkembangan transportasi, pertanian, peternakan, energi terbarukan dan destinasi pariwisata di Sulawesi Selatan.

Diungkap pula bahwa berbagai kerja sama dilakukan selama ini dengan Pemerintah Australia khususnya melalui program PAIR, KIAT, dan KOMPAK. Diharapkan kerja sama selama ini dapat semakin diperkuat.

Ketua AIBC Victoria, Garry Embleton, dalam sambutannya mengatakan, pertemuan tersebut sangat penting karena akan mendukung usaha melakukan pemerataan pembangunan dan investasi. selama ini pembangunan dan investasi berpusat pada kota-kota besar di Jawa dan Sumatera.

Helen Fletcher Kenedy dari the AIC mengapresiasi pertemuan tersebut sebagai salah satu tindak lanjut rekomendasi hasil penelitian mereka, terutama terkait pengembangan sistem transportasi di Sulawesi Selatan dan Metropolitan Mamminasata, serta pengembangan industri yang berbasis potensi kelautan, pariwisata, energi terbarukan (wind power). (z/Diskominfo Pemprov Sulsel)