Menaker: Pemerintah Beri Stimulus untuk UMKM

maiwanews – UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan salah satu sektor terdampak COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Karena itu pemerintah hadir dengan memberikan stimulus melalui bantuan program Penciptaan Wirausaha dan Padat Karya.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah Sabtu 3 Oktober saat memberikan sambutan sekaligus meresmikan secara virtual bantuan program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja dalam penanganan COVID-19 melalui jaring pengaman sosial (JPS).

Dalam penjelasannya, Menaker Ida mengatakan Program Penciptaan Wirausaha bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja atau peluang usaha bagi masyrakat, melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat berkelanjutan.

Adapun program Padat Karya, merupakan program pemberdayaan masyarakat menyasar para penganggur dan setengah penganggur. Pelaksanaan program ini melalui kegiatan pembangunan fasilitas umum dan sarana produktifitas masyarakat dengan melibatkan banyak tenaga kerja.

Menaker Ida berharap program padat karya ini menjadi stimulus bagi pelaku industri kecil untuk meningkatkan kreatifitasnya agar dapat mengolah produk dengan nilai ekonomis. (Kemenaker)