Menang Pemilu, Partai Sosial Demokrat Jerman Bangun Koalisi

20210506-olaf-scholz
Pemimpin SPD Olaf Scholz. Kamis 6 Mei 2021.

maiwanews – Partai Sosial Demokrat Jerman (Sozialdemokratische Partei Deutschlands/SPD) Rabu 6 Oktober mengatakan mereka berencana menggalang koalisi dengan Partai Hijau dan Partai Demokrat Bebas (Freie Demokratische Partei/FDP).

SPD keluar sebagai pemenang pada pemilu Jerman bulan lalu mengalahkan blok partai Merkel. Sedangkan Partai Hijau berada di urutan ketiga dan FDP urutan keempat. Komunikasi tiga partai dilakukan untuk membentuk koalisi berkuasa.

Jika koalisi mayoritas berhasil dibangun, Olaf Scholz sebagai pemimpin SPD (saat ini menjabat sebagai Wakil Kanselir) tak tebendung untuk menduduki jabatan sebagai pemimpin Jerman.

Pada pemilu (pemilihan umum) 26 September, SPD meraup suara 25,7 persen, Uni Demokratik Kristen Jerman (CDU) 24,1 persen, Partai Hijau 14,8 persen, dan FDP 11,5 persen.

Tipisnya kemenangan SPD menunjukkan tida ada partai dengan jumlah kursi mayoritas. Dengan demikian CDU juga berpeluang membangun koalisi dengan partai lain. Partai Hijau dan FDP bersedia bertemu dengan masing-masing pihak untuk negosiasi.

Meski belum final, Partai Hijau menunjukkan kecenderungan untuk berkoalisi dengan SPD. Hari Rabu pekan lalu para pemimpin Partai Hijau mengatakan perundingan dengan Scholz paling masuk akal. Sementara pemimpin CDU Armin Laschet mengatakan partainya masih terbuka untuk pembicaraan lebih lanjut. (z/VOA)