Menang Praperadilan Berkali-kali, La Nyalla Jadi Tersangka Lagi

maiwanews – Meski Pengadilan Negeri Surabaya mengabulkan permohonan praperadilan berkali-kali, La Nyalla Mattalitti kembali dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Surabaya dalam kasus yang sama.

“La Nyalla (Mattalitti) tersangka lagi,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Maruli Hutagalung, Selasa (31/5/2016).

Maruli mengatakan, meski dikalahkan oleh La Nyalla Mattalitti di sidang praperadilan berkali-kali, pihaknya tidak takut jika penetapan tersangka baru itu digugat praperadilan lagi.

Melalui sprindik baru, La Nyalla Mattalitti kembali dijadikan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah dari Pemprov Jawa Timur untuk Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim yang digunakan untuk pembelian saham perdana (IPO) Bank Jatim.

Dengan keluarnya sprindik baru tersebut, kejaksaan juga mengeluarkan daftar cegah tangkal (cekal) yang baru bagi tersangka La Nyalla.

Menanggapi dikeluarkannya sprindik baru bagi La Nyalla, Mustofa Abidin dari tim advokat dari Kadin Jatim menyesalkan sikap dari Kejati Jatim yang disebutnya tidak mematuhi hukum serta disebutnya sebagai langkah mundur di penegakan hukum.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut langkah kejaksaan kembali menerbitkan sprindik baru bagi La Nyalla Mattalitti sebagai sebuah dagelan.

“3 kali keluarkan sprindik ini kan dagelan. Kejaksaan lakukan dagelan, harusnya (La Nyalla Mattalitti) dibebaskan saja sesuai dengan apa yang menjadi ketetapan pengadilan,” kata Fadli Zon di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (24/5/2016).