Mendes PDTT Klaim 45 Persen Sudah Terima Dana Desa

maiwanews – 45 persen desa telah menerima dana desa, demikian diungkap Abdul Halim Iskandar (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi/Mendes PDTT) di Jakarta Kamis 15 April. Hingga 12 April sebanyak Rp11,361 triliun dari Rp72 triliun dana sudah cair dan masuk ke rekening desa.

Mendes Abdul Halim mengatakan total dana sudah tersalurkan ke 34.053 desa dari 74.961 desa. Desa-desa itu diharapkan segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dengan demikian masyarakat dapat memanfaatkan untuk kebutuhan bulan Ramadhan.

Terkait larangan mudik, diakui berdampak pada menurunnya aktivitas ekonomi warga desa. Diharapkan persoalan itu dapat diatasi dengan adanya dana desa untuk BLT Desa dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Selain itu juga ada beberapa program lainnya seperti Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Mendes Abdul Halim mengakui BLT Desa dan PKTD merupakan salah satu andalan Kemendes PDTT dalam meningkatkan daya beli masyarakat di desa meski belum sebanding dengan perputaran uang selama musim mudik lebaran. (Setkab/Humas Kemendes PDTT)