Menkopolhukam : Tak Ada Yang Larang Masyarakat Nonton Film G30S PKI

maiwanews – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menyatakan, tidak ada yang melarang menayangkan di televisi ataupun menontotn film penumpasan pengkhianatan G30S PKI.

Demikian diungkapkan Mahfud MD seperti dikutip lewat akun Twitter-nya @mohmahfudmd, Minggu, 27/9/2020. “Tidak ada yang melarang nonton atau menayangkan di TV,” ucap Mahfud MD.

Meski begitu Mahfud melanjutkan, pemerintah dalam hal ini juga tidak dalam posisi mewajibkan menayangkan maupun menonton film G30S itu sebagaimana terjadi di era pemerintahan orde baru (Orba) di bawah kepemimpinan presiden Soeharto.

Tayangan film itu sambung Mahfud, toh sudah banyak beredar sehingga masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah, salah satunta melalui Youtube.

Kebijakan tidak melarang sekaligus tidak mewajibkan lanjut Mahfud, sudah terjadi di era Yunus Yosfiah sebagai Menteri Penerangan.

Pemutaran film G30S saat ini kata dia, semata-mata didasarkan pada pertimbangan bisnis. “Kalau pakai istilah hukum Islam ‘mubah’. Silakan saja,” ucap mantan Menhan di era Gus Dur ini.