Menlu AS ke Qatar Bahas Peningkatan Hubungan Bilateral

20210830-antony-j-blinken
Menlu AS Antony J Blinken di Kemenlu AS Washington DC. 30 Agustus 2021.

maiwanews – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Anthony J Blinken Senin 6 September bertolak ke Doha Qatar. Ia akan berada di Qatar hingga 8 September. Selama lawatannya ia dijadwalkan bertemu dengan Emir Qatar Amir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri (Menlu) Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, serta pejabat senior lainnya.

Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Senin 6 September menyampaikan Menlu Blinken dan koleganya di Qatar akan membahas peningkatan hubungan bilateral serta upaya-upaya di Afghanistan.

Dialog Strategis AS-Qatar terakhir diadakan pada September 2020, menyoroti kerja sama erat kedua negara dalam isu-isu penting bagi hubungan bilateral dan mencakup beberapa prakarsa pendidikan, ilmiah, dan budaya baru. Tahun ini, kedua pemerintah dan pemangku kepentingan terkait lainnya memfasilitasi Tahun Kebudayaan Qatar-AS 2021.

Diskusi tingkat tinggi kedua negara sedang berlangsung membahas perdagangan dan investasi, kerja sama keamanan dan pertahanan regional, penegakan hukum dan kontraterorisme, memerangi perdagangan manusia, dan meningkatkan masyarakat sipil.

Amerika Serikat dikatakan merupakan mitra impor terbesar Qatar dan investor asing langsung terbesar. Perdagangan dua arah mencapai lebih dari $4,6 miliar pada tahun 2020. Ekspor ke Qatar mencapai $3,4 miliar pada tahun 2020.

Sejak 2015 Otoritas Investasi Qatar (Qatar Investment Authority/QIA), telah menginvestasikan lebih dari $30 miliar di Amerika Serikat, dengan total investasi direncanakan melebihi $45 miliar. Lebih dari setengahnya terkonsentrasi di sektor real estate dan infrastruktur. (z/Deplu AS)