Menlu AS Tuding Rusia dan China Ancaman Bagi NATO

maiwanews – Menteri Luar Negeri Amerika Anthony Blinken Rabu 24 Maret menyebut Rusia dan China menimbulkan ancaman terhadap NATO dalam bidang militer dan teknologi. Hal itu disampaikan di Brussel usai pertemuan dengan para menteri luar negeri negara-negara anggota NATO.

Menlu (Menteri Luar Negeri) Blinken, menuding ambisi militer China meningkat dari tahun ke tahun, sedangkan Rusia disebut merusak tatanan. Keduanya dinilai siap menggunakan tindakan non militer, termasuk di dunia maya,

Menlu Blinken mengatakan pemerintahan Presiden Joe Biden memegang kuat komitmen terhadap Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) dan berencana memperkuat aliansi dibanding sebelumnya.

Menlu Blinken menambahkan, ia bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Llyod Austin menunjukkan komitmen pada sekutu di Jepang dan Korea Selatan (Korsel) dimana mereka baru saja melakuan perundingan perjanjian pembagian anggaran untuk memastikan kemakmuran dan perdamaian di kawasan Indo Pasifik. (VOA)