Menlu China Berkunjung ke Iran, Bahas Kerja Sama Strategis

maiwanews – Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan perjalanan ke Iran untuk berbicara dengan pejabat senior negara itu. Ia tiba di Teheran Jumat 26 Maret sore.

Dia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif, dan penasihat Pemimpin Revolusi Islam Ali Larijani.

Senin 22 Maret Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan kedua belah pihak akan membahas cara untuk mempromosikan kerja sama strategis antara Teheran dan Beijing serta perkembangan regional dan global terbaru.

China dan Rusia mempertahankan hubungan persahabatan dengan Iran meskipun ada tekanan Amerika Serikat (AS). Kedua negara itu telah menjadi pendukung vokal posisi Teheran mengenai perlunya Washington kembali ke kesepakatan nuklir 2015, dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA).

Iran dan China sedang bekerja untuk menyelesaikan 25 tahun Kemitraan Strategis Komprehensif China-Iran, hal itu diumumkan dalam pernyataan bersama saat kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Teheran pada tahun 2016. (Tasnim)