Menlu Indonesia dan Iran Bahas Kerja Sama Ekonomi & Kesehatan

maiwanews – Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Javad Zarif Senin 19 April di Jakarta melakukan pertemuan dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi.

Tidak digelar konferensi pers terkait pertemuan itu, namun Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia di akun Twitternya menyatakan pertemuan di Gedung Pancasila itu membahas kerja sama bidang ekonomi dan kesehatan. Khususnya terkait upaya bersama dalam mengatasi pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi.

Pihak Kementerian Luar Negeri Iran dalam pernyataannya menyampaikan apresiasi terhadap sikap Indonesia dalam upaya mempertahankan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA) atau sering juga disebut sebagai Kesepakatan Nuklir Iran 2015.

Sedangkan Menlu Javad Zarif dalam akun Twitternya menyampaikan rasa senang bisa kembali ke Jakarta bertemu dengan Presiden Jokowi dan Menlu Retno Marsudi. Meningkatkan hubungan bilateral dengan berkoordinasi erat pada isu-isu regional dan global.

Menlu Javad Zarif juga berterima kasih kepada Indonesia atas dukungannya terhadap JCPOA di Dewan Keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) ketika rezim Trump berusaha melemahkan hukum internasional. (VOA/Twitter)