Menlu Iran akan Berkunjung ke Indonesia

maiwanews – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif akan melakukan perjalanan ke Indonesia pada hari Minggu 18 April, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh Sabtu 17 April.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Jubir Kemlu) Saeed Khatibzadeh mengatakan diplomat tinggi Iran akan mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior Indonesia tentang hubungan Teheran-Jakarta dan masalah kepentingan bersama lainnya.

Pekan lalu, Kmelu Iran mengatakan Teheran sedang melanjutkan upaya pembebasan kapal tanker minyak Iran, kapal itu disita di perairan Indonesia pada Januari.

Penjaga pantai Indonesia menyita kapal tanker MT Horse berbendera Iran dan kapal MT Freya berbendera Panama atas dugaan transfer minyak ilegal di perairan negara itu pada 24 Januari.

Juru bicara penjaga pantai Indonesia mengklaim kedua kapal tanker itu menyembunyikan identitas mereka dengan tidak menunjukkan bendera nasional mereka, mematikan sistem identifikasi otomatis, dan tidak menanggapi panggilan radio. (Tasnim)