Menlu Iran ke Turki, Diduga Bahas Perdamaian Suriah

maiwanews – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif Jumat 19 Maret berkunjung ke Turki. Kementerian Luar Negeri Turki dalam pernyataannya menyebutkan kunjungan itu untuk serangkaian negosiasi politik.

Setiba di Istanbul, Menteri Luar Negeri (Menlu) Zarif bertemu dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu. Mereka akan membahas hubungan bilateral kedua negara. Juga akan dibahas hal-hal terkait masalah regional dan internasional.

Ada spekulasi bahwa Menlu Zarif sedang mencoba memulai kembali perundingan perdamaian Suriah, proses perundingan sempat terhenti setelah merebaknya pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019)

Sebelumnya, pada Februali lalu Presiden Iran Hassan Rouhani melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pada kesempatan itu Presiden Rouhani menggarisbawahi bahwa Iran selalu mendukung dialog dan penggunaan metode damai untuk menyelesaikan masalah di Suriah.

Dia juga menyerukan pembicaraan terus-menerus antara Iran, Turki, dan Rusia untuk mengatasi krisis di Suriah dan membuka jalan bagi kembalinya pengungsi Suriah. (Tasnim)