Menlu Iran Sebut Era Monopoli Barat Sudah Berakhir

maiwanews – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyoroti meningkatnya peran negara-negara Asia di dunia, dengan mengatakan Barat tidak lagi memonopoli hubungan internasional.

Dalam pertemuan dengan direktur eksekutif sekretariat CICA, di Tajikistan Senin 29 Maret, Zarif mengatakan era monopoli dan kekuasaan Barat dalam sistem internasional telah berakhir.

Menyoroti semakin pentingnya Asia dan negara-negara kawasan dalam perkembangan hubungan internasional, Zarif menyatakan dukungan Iran untuk upaya memperkuat Tindakan Membangun Kepercayaan di Asia (CICA) dan kerja sama di antara negara-negara anggotanya.

Dia juga memuji Kazakhstan atas perannya dalam pembicaraan tentang program nuklir Iran dan dalam negosiasi perdamaian Suriah dalam format Astana, menggambarkannya sebagai satu-satunya proses efektif untuk memulihkan perdamaian ke Suriah.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Sekretariat CICA Kairat Sarybay mengakui partisipasi dan kontribusi Iran pada kegiatan regional CICA, dan memberi penjelasan kepada Zarif tentang rencana organisasi untuk pertemuan dan pertemuan tingkat menteri akan datang.

Didirikan pada tahun 1992, CICA adalah forum dialog dan membangun kepercayaan dan saat ini memiliki 27 negara anggota dan 8 pengamat. (Tasnim)