Menlu Korsel Minta Mesir Beri Perhatian Khusus Bagi Perusahaan Korea

20210927-ilustrasi-bendera-korea-selatan-korsel-mesir
Ilustrasi bendera Korsel dan Mesir.

maiwanews – Menlu Korsel (Menteri Luar Negeri Korea Selatan) Chung Eui-yong meminta pemerintah Mesir agar memberi perhatian khusus terhadap perusahaan-perusahaan Korsel di Mesir. Demikian pernyataan Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) Korsel Senin 27 September.

Dalam pertemuan dengan Menlu Mesir Sameh Shoukry beberapa waktu lalu, Menlu Chung juga meminta kerja sama pemerintah Mesir demi kelancaran pelaksanaan proyek infrastruktur transportasi oleh perusahaan-perusahaan Korea.

Menlu Chung menyoroti penunjukan Mesir baru-baru ini sebagai salah satu negara mitra prioritas ODA (Official Development Assistance) Korea untuk periode 2021-2025 sebagai salah satu pencapaian terpenting di bidang kerja sama pembangunan internasional. Ia meminta dukungan pemerintah Mesir untuk keberhasilan proyek modernisasi sistem perkeretaapian, sistem ini menghubungkan Luxor dan Bendungan Tinggi.

Pertemuan kedua menlu juga membahas hubungan bilateral bidang lainnya termasuk percepatan penyelesaian perjanjian perdagangan bebas (Free Trad Area/FTA) kedua negara. Di bidang kesehatan, keduanya membahas penguatan kerja sama untuk bekerja lebih cepat dan erat satu sama lain dalam memerangi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

Di akhir pertemuan, Menlu Chung mengundang kolega Mesir-nya itu untuk menghadiri UN Peacekeeping Ministerial 2021 di Seoul 7-8 Desember, dan Forum Korea-Afrika ke-5 di Seoul 9-10 Desember. (z/MOFA Korsel)