Menlu Turki Rencana Berkunjung ke Israel

20220421-mevlut-cavusoglu-1des2021
Menlu Turki Mevlut Cavusoglu pada pertemuan Dewan Atlantik Utara setelah sesi dengan Georgia dan Ukraina di Riga (Latvia) 1 Desember 2021.

maiwanews – Diplomat tinggi Turki dijadwalkan berkunjung ke Israel di tengah upaya kedua negara untuk memperbaiki hubungan bilateral. Hubungan kedua negara memburuk ketika empat tahun lalu kedua negara saling mengusir duta besar masing-masing.

Menlu (Menteri Luar Negeri) Turki Mevlut Cavusoglu mengungkap rencananya berkunjung ke Israel pada 24 Mei mendatang akan dilakukan bersama Menteri Energi Fatih Donmez. Dalam kunjungan itu mereka akan membahas penunjukan duta besar dengan pemerintah berwenang Israel.

Kedua negara juga berpotensi menjalin kerja sama bilateral, terutama sektor energi. VOA mlaporkan hai Kamis (21/04/2022).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bulan lalu menyampaikan harapannya untuk menjalin kerja sama dengan Israel di bidang energi. Presiden Erdogan berharap dapat membahas peluang kerja sama dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.

Selasa (19/04/2022), Presiden Erdogan kepada mitranya dari Israel, Isaac Herzog, ia sangat sedih karena banyak warga Palestina jadi korban baik meinggal maupun cedera. Selama bulan suci Ramadhan terjadi konflik di Tepi Barat dan Masjid Al-Aqsa.

Tahun 2018 lalu, kedua negara saling mengusir dubes (duta besar) masing-masing. Turki dan Israel juga sering bertikai bertikai akibat konflik Palestina. Turki di bawah kepemimpinan Presiden Erdogan mendukung kelompok berkuasa di Gaza, Hamas. (z)