Mentan SYL: “Food Estate” Untuk Mempersiapkan Kalteng Jadi Lumbung Pangan

maiwanews – Menteri Pertanian akan mengembangkan “Food Estate” di Kalimantan Tengah, ini merupakan proyek klaster untuk pengembangan sayuran, buah, dan aneka tanaman pangan lainnya. Pemerintah juga akan membangun sarana produksi dan infrastruktur pertanian seperti irigasi dan embung atau cekungan penampung.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan program “Food Estate” merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pengembangan sektor pertanian secara merata agar terjadi peningkatan produksi pertanian. Hal itu disampaikan pada kunjungannya di Desa Gadabung Kecamatan Pendih Batu Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis 11 Juni. Kawasan itu merupakan lokasi “Food Estate” dan Padat KArya Tunai Irigasi. Tempat tersebut sebelumnya merupakan lahan gambut.

Mentan SYL mengatakan arahan Presiden Jokowi itu merupakan penghargaan bagi Provinsi Kalteng karena akan menjadi lumbung pangan. Untuk merealisasikan arahan Presiden Jokowi, Mentan SYL akan menurunkan holtikultura, pepaya, sayuran, peternakan, dan lain-lain. “Food Estate” dikatakan tidak terbatas hanya pada tanaman padi dan jagung saja.

Mengenai hal ini, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan terimakasih dan meminta semua jajaran Forkopimda dan seluruh stakeholder mendukung program “Food Estate”. Gub Sugianto memaparkan provinsi itu memiliki potensi pertanian, karenanya sektor pertanian harus dibangun menjadi lebih baik. (Kementan)