Militer Afghanistan Rebut Distrik Arghandab dari Taliban

maiwanews – Sedikitnya 75 pejuang Taliban tewas di provinsi Kandahar, Afghanistan Selatan, kata kementerian pertahanan negara itu, Minggu 4 April waktu setempat.

Militer Afghanistan mengklaim mereka mengambil kembali kendali atas distrik Arghandab di Kandahar dari Taliban menyusul operasi keamanan skala besar di mana para pemberontak tewas. Menurut Direktorat Kepolisian Kandahar, sejumlah komandan militan kunci terbunuh.

Kementerian menambahkan bahwa operasi pembersihan juga dilakukan di provinsi Zabul, Kunar, Nangarhar, dan Takhar di mana puluhan militan tewas.

Taliban mengutuk tindakan tersebut dan memperingatkan akan adanya pembalasan. Kelompok itu juga mengklaim membunuh anggota pasukan keamanan Afghanistan di ibu kota Kabul, Anadolu Agency melaporkan.

Konvoi dalam jumlah besar menjadi target VBIED (alat peledak improvisasi terikat kendaraan) & serangan taktis pada sore hari di daerah Panja Chinar distrik Paghman Kabul. Serangan itu mengakibatkan hingga 45 perwira dan pasukan tewas atau terluka, serta beberapa kendaraan hancur. Demikian disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Afghanistan Zabihullah Mujahid. (Tasnim)