Militer Rusia Selesaikan Persiapan Latgab dengan India

Tank Rusia. Kamis 29 Juli 2021.

maiwanews – Personel Distrik Militer Selatan (Southern Military District/SMD) Rusia menyelesaikan persiapan untuk latihan gabungan dengan India. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia Kamis 29 Juli mengumumkan latihan gabungan (latgab) Angkatan Darat (AD) Rusia-India akan digelar di tempat pelatihan Prudboy di wilayah Volgograd dari 1-13 Agustus.

Dalam persiapan itu antara lain dilakukan latihan taktis dengan tembakan langsung dan pemeriksaan kepemimpinan pihak Rusia.

Dalam latihan bersama itu Rusia akan melibatkan sekitar 250 prajurit unit senapan, tank dan artileri bermotor, kompi pengintai dari unit senapan bermotor SMD di wilayah Volgograd. adapun India akan melibatkan antara lain sekitar 250 prajurit Angkatan Bersenjata.

Kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 100 unit senjata dan peralatan militer, termasuk kendaraan pelacak tempur lapis baja BMP-3, tank T-90A, beberapa sistem peluncuran roket Grad, 300 target berbeda, termasuk lebih dari 100 kendaraan bergerak, simulasi kendaraan musuh dan kendaraan lapis baja.

Konsep latihan tersebut adalah untuk meningkatkan kesiapan badan komando, kekuatan dan sarana untuk memerangi terorisme. Para prajurit akan melakukan pencarian, deteksi dan penghancuran formasi bersenjata ilegal, pencarian dan penghancuran alat peledak, serta melakukan pengintaian.

Kegiatan bersama internasional dilakukan sesuai dengan rencana kerja sama militer internasional dan ditujukan untuk memperkuat dan mengembangkan kerja sama militer antar negara.

Selain dengan India, pada tahun 2021 SMD merencanakan latihan perang dengan melibatkan unit angkatan bersenjata Abkhazia, Ossetia Selatan, Armenia, Aljazair, Kazakhstan, Pakistan, dan Mesir. (z/Kemenhan Rusia)