Militer Rusia Tawarkan Jalur Evakuasi dari Kiev

20220213-peta-ukraina-dsk
Peta Ukraina dan negara-negara sekitarnya.

maiwanews – Militer Rusia menawarkan jalur aman untuk evakuasi dari Kota Kiev di Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia meminta warga sipil Ukraina mengungsi dari Kiev lewat jalan raya menuju Vasilkov. Kota ini terletak 20 km Barat Daya ibu kota.

Dalam sebuah pernyataan hari Senin (28/02/2022), Kemenhan (Kementerian Pertahanan) Rusia, mengklaim bahwa jalur itu terbuka dan aman untuk jalur evakuasi. Rusia dikatakan hanya akan menyerang obyek militer, sementara penduduk sipil tidak beresiko, demikian dilaporkan media pemerintah Rusia, RT, hari Senin (28/02/2022).

Seruan militer Rusia itu disampaikan jelang pembicaraan damai kedua belah pihak di Belarus. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato publik dari Kiev, dia memiliki harapan rendah untuk negosiasi. Ukraina tiadk berniat untuk menyerah.

Rusia menyerang Ukraina pada hari Kamis (24/02/2022) pekan lalu. Moskow menyebutkan, alasan serangan itu karena Ukraina harus didemiliterisasi dan didenazifikasi untuk melindungi wilayah Donetsk dan Lugansk. Dua wilayah ini memisahkan diri dari Ukraina dan menyatakan kemerdekaannya. (z)