Militer Yaman Klaim Tembak Jatuh “Drone” Mata-Mata Saudi Buatan AS

20180406-rq-20-puma
RQ-20 Puma.

maiwanews – Pertahanan udara militer Yaman mengklaim berhasil menembak jatuh pesawat mata-mata tanpa awak (drone) buatan AS (Amerika Serikat) milik pasukan koalisi pimpinan Saudi. Juru Bicara Angkatan Bersenjata Yaman Brigadir Jenderal Yahya Saree Kamis 7 Oktober mengatakan pesawat nirawak itu ditembak di di wilayah udara Provinsi Jizan.

Jenderal Saree juga menjelaskan bahwa proses penembakan pesawat dilakukan dengan senjata khusus tanpa merinci jenis senjata dimaksud. Ia menambahkan bahwa media militer akan menyiarkan rekaman reruntuhan pesawat dalam beberapa jam mendatang.

Kantor berita Yaman Al-Masirah juga melaporkan bahwa pertahanan udara Angkatan Bersenjata Yaman dan Komite Populer mampu menembak jatuh beberapa pesawat mata-mata dengan jenis sama di beberapa daerah.

Sebelumnya, pertahanan udara negara Yaman hari Rabu menembak jatuh pesawat mata-mata CH4 buatan China milik angkatan udara Saudi dengan rudal permukaan-ke-udara ketika sedang melakukan kegiatan permusuhan di wilayah udara provinsi Ma’rib di atas Distrik Juba.

Arab Saudi dengan dukungan AS dan sekutu regional, melancarkan perang terhadap Yaman pada Maret 2015, dengan tujuan membawa pemerintah mantan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi kembali berkuasa dan menghancurkan gerakan perlawanan Ansarullah. (z/Tasnim News Agency)