Minyak Kelapa Sawit Indonesia Boleh Masuk Swiss

maiwanews – Minyak kelapa sawit asal Indonesia akhirnya dibolehkan masuk ke Swiss setelah melalui proses referendum. Minggu 7 Maret para pemilih di Swiss mayoritas mendukung perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia.

51 persen pemegang hak pilih memberikan suaranya, 51,7 persen diantaranya menyetujui perdagangan bebas dengan Indonesia. Pihak pendukung menyambut baik hasil itu namun menekankan pentingnya untuk lebih sensitif pada isu lingkungan dalam referendum perdagangan di masa depan.

Sebelumnya, pada tahun 2018 perjanjian dagang bebas kedua negara telah ditandatangani, kemudian pada tahun 2019 parlemen Swiss menyetujui perjanjian itu.

Referendum perdagangan bebas dengan Indonesia dilakukan Swiss setelah ada desakan dari pemerhati masalah lingkungan dan sosial. Minyak kelapa sawit dinilai bertanggung jawab atas deforestasi, hutan dibabat untuk dijadikan lahan pertanian.

Dengan kemenangan melalui referendum, maka semua bea masuk dari Indonesia ke Swiss maupun sebaliknya akan dihapus secara bertahap. Penghapusan tarif ini memudahkan kegiatan ekspor impor kedua negara. (VOA)