Netty Minta Pemerintah usut Penyerangan Nakes di Papua

netty-prasetiyani
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Heryawan. (Foto: Pemprov Jabar)

maiwanews – Anggota DPR Netty Prasetiyani Heryawan Minggu 19 September meinta pemerintah mengusut tuntas kasus penyerangan terhadap nakes (tenaga kesehatan) di Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Serangan terhadap nakes di Distrik Kiwirok beberapa waktu lalu diduga dilakukan oleh KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata).

Anggota Komisi IX DPR itu menegaskan nakes dan fasilitas kesehatan tidak boleh disentuh dalam konflik apapun. Terlebih para nakes menjalankan misi kemanusiaan di daerah terpencil.

Pemerintah diminta memprioritaskan jaminan keamanan bagi nakes, utamanya di daerah konfllik. Jaminan keamanan bagi seluruh warga negara merupakan amanat konstitusi. Apalagi di masa pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) sekarang ini, para nakes menjadi garda terdepan memutus penyebaran virus.

Penyrangan terhadap nakes harus direspon dengan tindakan tegas pemerintah mengusut para pelaku. Teror terhadap nakes merupakan bentuk penghinaan terhadap kemanusiaan, tidak boleh dibiarkan, dan harus dicegah jangan sampai terulang.

Selain mengusut kasus itu hingga tuntas, pemerintah juga diminta memberikan dukungan dan santunan memadai bagi korban dan keluarganya. Dukungan dan santunan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah. Netty meminta agar segera dipastikan korban dan keluarganya mendapatkan dukungan dan santunan memadai dari pemerintah.

Nakes dan keluarga perlu mendapatkan perawatan psikis untuk memulihkan luka traumatis. Jangan sampai insiden penyerangan membuat nakes menolak bertugas di wilayah konflik karena merasa tidak aman. (z)