Netty Prasetiyani: Vaksin COVID-19 Harus Lalui Uji Coba Ketat

maiwanews – Netty Prasetiyani meminta pemerintah memastikan vaksin COVID-19 benar-benar aman untuk diujicoba. Data hasil uji coba fase pertama dan kedua harus transparan, tidak boleh ditutuptutupi. vaksin di bawah standar berbahaya terutama jika digunakan pada anak-anak.

Anggota Komisi IX DPR RI itu dalam rilisnya Senin 3 Agustus menegaskan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) China pernah mengumumkan adanya sejumlah vaksin di bawah standar diproduksi dan diedarkan di masyarakat. Menurut politisi dari Fraksi PKS ini, harus benar-benar dipastikan proses produksi dan pengedaran vaksin sudah sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Sebuah perusahaan farmasi asal China, Sinovac, telah memproduksi vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Pengujian fase pertama dan kedua telah dilakukan di China, sementara pengujian fase ketiga rencananya akan dilakukan Bio Farma di Indonesia.

Pengujian vaksin Covid-19 produk Sinovac tahap ketiga akan dilakukan mulai Agustus pada 1.620 relawan. Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan Bio Farma, Iwan Setiawan, dalam laporannya mengatakan sebanyak 2400 unit vaksin tersebut telah tiba di Indonesia. (DPR/rnm/es)