Nilai-nilai Pancasila Relevan Jadi Spirit Penanggulangan COVID-19

maiwanews – Fahira Idris dalam pernyataannya menegaskan bahwa nilai-nilai Pancasila relevan untuk dijadikan spirit dalam upaya penanggulangan COVID-19. Semua kebijakan dan aksi melawan COVID-19 idealnya didasari salah satunya oleh nilai-nilai Pancasila.

Wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sudah melanda Indonesia selama 6 bulan lebih. Wabah ini bukan hanya melahirkan krisis kesehatan, tetapi juga mengganggu semua sendi dan sektor kehidupan masyarakat. Persoalan-persoalan akibat korona bisa diurai dengan dilandaskan atas nilai-nilai luhur Pancasila. Hal itu ditegaskan di sela-sela Sosialisasi Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika, di Jakarta Selatan 13 September.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ini mengungkapkan nilai sila ketuhanan menjadi sandaran bahwa wabah ini adalah cobaan, dan doa tidak boleh terpisahkan dari kerja keras melawan virus. Nilai kemanusiaan jadi dasar setiap pengambilan kebijakan.

Sila persatuan jadi rujukan bahwa COVID-19 berpotensi melemahkan ketahanan nasional jika tidak ditanggulangi secara cepat, tepat, dan berkesinambungan. Nilai musyawarah dan mufakat menjadi landasan pengambil kebijakan bahwa sikap saling mendukung, memahami, bahu membahu, dan gotong royong adalah kunci mempercepat penanggulangan COVID-19. Pandemi mengharuskan negara selalu sigap memastikan keadilan sosial dirasakan seluruh rakyat.

Nilai-nilai Pancasila harus dikuatkan sebagai spirit menanggulangi pandemi. Perlu penguat solidaritas dengan menjadikan Pancasila sebagai rujukan bersama. (Fahira)