Norwegia Kirim Jet Tempur F-35 ke Islandia

Foto: Norwegian Armed Forces

maiwanews – Norwegia sekarang siap untuk menyelesaikan misi di Norwegia dan di luar negeri dengan jet tempur F-35. Info pers Norwegian Armed Forces (Angkatan Bersenjata Norwegia) Rabu 26 Februari menyatakan personel sekarang sedang mempersiapkan keberangkatan di pangkalan angkatan udara Orland.

Bulan Maret, Norwegia akan menyelesaikan misi dalam operasi internasional Iceland Air Policing (IAP) dengan pesawat temput F-35. Ini adalah misi luar negeri pertama untuk skuadron 332 setelah F-35 mencapai kemampuan operasional awal (IOC) pada November 2019.

Islandia, negara NATO, tidak memiliki pertahanan sendiri dan tidak memiliki kapasitas untuk memenuhi kebutuhan negara akan kedaulatan dan pengawasan. Karenanya NATO menghadirkan pertahanan udara secara berkala di Islandia.

Fakta bahwa jet temput F-35 Norwegia menunjukkan kemampuan operasional dalam operasi seperti ini adalah tonggak penting menuju kemampuan operasional penuh pada tahun 2025, kata Kepala Angkatan Udara, Mayor Jenderal Tonje Skinnarland. Tugas serupa dilakukan oleh F-16 Norwegia dari Bodo, Peringatan Reaksi Cepat (Quick Reaction Alert/QRA). Di Islandia, Norwegia akan bertanggung jawab untuk tugas ini selama 3 minggu.

Selama periode tersebut, personel dari CRC Sorreisa juga akan berpartisipasi dalam Iceland Air Policing, dimana personel dari unit kontrol dan siaga akan membantu dalam membentuk citra pengawasan dengan rekan-rekan Islandia mereka. Mereka juga akan membantu pelatihan personel baru Islandia. Detasemen secara total terdiri dari 130 tentara, komandan, perwira dan warga sipil. Letnan Kolonel Stale “Steel” Nymoen, komandan Skuadron 332, akan menjadi komandan detasemen di Islandia.

Bagi Angkatan Bersenjata Norwegia, jet teput F-35 adalah bagian penting dari pertahanan keseluruhan, dalam melindungi Norwegia dan menegaskan perbatasan Norwegia dan NATO di utara. (Norwegian Armed Forces)