Nurul Ghufron Penuhi Panggilan Komnas HAM soal TWK

maiwanews – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Nurul Ghufron, Kamis 17 Juni memenuhi panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia terkait dugaan pelanggaran pada Tes Wawasan Kebangsaan pegawai lembaga anti rasuah itu.

Kepada wartawan Ghufron menegaskan pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) tidak mangkir dari panggilan Komnas HAM (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia).

Komnas HAM sebelumnya memanggil pimpinan KPK terkait dugaan pelanggaran HAM dalam TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) pegawai KPK. Ghufron menjelaskan, sebelum pimpinan KPK memenuhi panggilan, terlebih dahulu diutus perwakilan.

Mengenai TWK, Ghufron menjelaskan bahwa pihaknya akan transparan jika memang terkait wewenang dan dilaksanakan oleh KPK. TWK diadakan bukan untuk menyasar sejumlah pegawai, proses itu dilaksanakan secara obyektif. Namun ia mengaku tidak tahu materi, metode, dan evaluasi dalam TWK karena itu ranah BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Pemanggilan pimpinan KPK dilakukan menyusul laporan sejumlah pegawai TMS (Tidak Memenuhi Syarat) akhir Mei lalu ke Komnas HAM atas dugaan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan TWK. Selain ke Komnas HAM, mereka juga melapor ke Ombudsman atas dugaan maladministrasi. (z/VOA)