Olimpiade 2032, Qatar Mengajukan Diri Sebagai Tuan Rumah

maiwanews – Qatar menyatakan minat menjadi tuan rumah perhelatan Olimpiade. Komite Olimpiade negara kaya minyak itu menyampaikan dalam sebuah pengumuman Senin 27 Juli. Permohonan telah diajukan kepada Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) untuk mengikuti fase dialog tentang peluang menjadi tuan rumah.

Tuan rumah Olimpiade hingga tahun 2028 telah ditentukan, setelah itu kemungkinan diadakan pada tahun 2032. Sedianya tahun 2020 diadakan di Tokyo Jepang, 2022 Beijing China, 2024 di Paris Perancis, 2026 Milano Cortina Italia, dan 2028 Los Angeles (LA) Amerika Serikat.

Qatar sebelumnya telah pernah menjadi tuan rumah kejuaraan atletik dunia 2019 lalu. Menurut Presiden Komite Olimpiade Qatar Seikh Joaan bin Hamad bin Khalifa al-Thani dalam pernyataannya mengatakan negaranya telah terbukti rekam jejaknya dan telah memiliki banyak pengalaman. Seikh Joaan juga mengatakan negaranya ingin memanfaatkan olahraga untuk memajukan perdamaian dan pertukaran budaya.

Negara di kawasan Timur Tengah itu juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022. Miliaran dolar telah diinvestasikan untuk mempersiapkan gelaran sepakbola internasional itu. Persiapan ini bukan tanpa kendala, Tapi kelompok-kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) mengkritisi perlakuan pemerintah terhadap para pekerja migran.

Tudingan aktifis HAM dijawab pemerintah Watar dengan mengatakan bahwa tidak akan mentolerir perlakuan tidak adil terhadap para pekerja. (VOA/vm/jm/IOC)