Pakar Ingatkan Potensi Serangan Siber Rusia ke AS

20220602-ilustrasi-hacker-peretas
Ilustrasi peretas (hacker).

maiwanews – Pakar jaringan memperingatkan potensi serangan siber skala penuh dari Rusia terhadap Amerika Serikat. Hal ini bisa menjadi kenyataan jika ketegangan kedua negara semakin meningkat menyusul berlarutnya konflik di Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin bisa saja memerintahkan serangan siber (cyber) sebagai balasan karena Washington telah menjadi pelopor bagi sanksi banyak negara terhadap Rusia. Jika serangan siber skala penuh benar-benar dilakukan, ahli keamanan jaringan Amerika Serikat (AS) harus mampu mengantisipasi mengingat serangan siber dapat menghancurkan infrastruktur penting Amerika Serikat.

Kekhawatiran atas potensi serangan siber terhadap infrastruktur penting Amerika Serikat disampaikan Mantan Ketua Komisi Solarium Cyberspace Mike Gallagher sebagaimana dikutip VOA Kamis (02/06/2022).

Seorang pakar kelahiran Prancis Nicolas Chaillan menilai kemampuan pemerintah Amerika Serikat melindungi sistem dari serangan siber tidak begitu menggembirakan. sementara kondisi sebagian perusahaan swasta pendukung infrastruktur penting Amerika Serikat tidak lebih baik.

Chaillan sistem buatan sebagian perusahaan swasta dapat diakses melalui jaringan internet. Hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki ahli dengan kemampuan memadai untuk mengelola jaringan secara lokal.

Keterbatasan tenaga ahli memaksa mereka melakukan pengaturan sistem dari jarak jauh secara virtual. Langkah ini membuat sistem makin rentan, celah keamanan maikn terbuka dan meningkatkan peluang keberhasilan bagi pelaku serangan siber.

Menurut Chaillan, tidak tertutup kemungkinan musuh Amerika Serikat telah menanamkan alat tertentu ke dalam sistem. Alat ini dapat diaktifkan kapan saja jika diperlukan. (z)