Pasukan Elit TNI AL Amankan Terduga Kurir Sabu di Nunukan

maiwanews – Pasukan elit TNI AL, tergabung dalam Tim Kopaska Satgas Ambalat, bekerja sama dengan Tim SFQR, berhasil mengamankan kuris sabu di Wilayah Nunukan. Dalam konferensi pers Minggu 20 September, Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo mengatakan penangkapan berlangung pada Sabtu 19 September.

Letkol Laut (P) Anton menjelaskan, pada Sabtu 19 September pukul 13.15 Wita, di Jalan Lingkar, Mambunut, Kel. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan Prov. Kaltara (Kalimantan Utara), dilakukan penangkapan terduga Kurir narkotika jenis sabu-sabu. Penangkapan dilakukan oleh Tim Gabungan SFQR Lanal Nunukan dan Tim Kopaska Satgas Busur Ambalat XX.

Terduga kurir sabu berinisial S tersebut adalah warga Nunukan berusia 36 tahun. Ia ditangkap saat melakukan transaksi, beberapa barang bukti ikut diamankan. Barang bukti tersebut terdiri dari satu bungkus plastik transparan berisi narkoba jenis Sabu seberat 50 Gram, ponsel merk Nokia dan Merk Samsung J7, satu unit mobil Datsun Panca STNK atas nama (F), ia saat ini menjadi tahanan di Lapas Nunukan.

Penangkapan dilakukan setelah sebelumnya menerima laporan masyarakat, kemudian ditindaklanjuti dengan membentuk tim gabungan operasi penangkapan. Minggu 20 September 2020 tersangka (S) beserta barang bukti diserahkan ke Polres Nunukan untuk diproses penyidikan lebih lanjut.

Secara terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto mengapresiasi dan bangga atas keberhasilan tersebut. Penangkapan itu mengisyaratkan wilayah Nunukan masih menjadi surga bagi pengguna dan pengedar narkoba. untuk itu Laksda TNI Heru mengatakan ia memerintahkan seluruh Lanal maupun Lantamal jajaran Koarmada II lebih proaktif dan efektif dalam meningkatkan patroli laut. Hal ini dimaksudkan untuk guna mengamankan dan menegakkan kedaulatan serta penegakan hukum di laut Indonesia. (Dispen Koarmada II TNI AL)