Pembangunan LRT 84,7 Persen, Target Beroperasi Juni 2022

maiwanews – Perkembangan pembangunan proyek lintas rel terpadu telah mencapai kurang lebih 84,7 persen. Diharapkan moda transportasi massal itu dapat diuji coba pada bulan April tahun depan, dan mulai beroperasi pada Juni 2022.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau perkembangan proses pembangunan LRT (lintas rel terpadu) Jabodebek Rabu 9 Juni di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Jakarta Timur. Dalam peninjauan, rombongan dipandu oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri.

Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas sempat mencoba LRT dari Stasiun TMII hingga Stasiun Harjamukti di Cibubur. Ia mengaku kondisinya nyaman, kesepatannya baik, dan halus, boleh dikata tanpa suara.

Fase pertama dari dua fase pembangunan LRT Jabodebek meliputi jalur sepanjang sepanjang 44,43 kilometer. Melayani total 18 titik pemberhentian. Fase ini juga terdiri atas tiga lintas pelayanan, masing-masing adalah jalur Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Kedepannya, LRT akan terintergrasi dengan moda transportasi umum lainnya seperti MRT, Trans Jakarta, commuter line, maupun kereta cepat Jakarta-Bandung. (z/BPMI Setpres)