Pemerintah Anggarkan Rp30 triliun Bangun Infrastruktur di IKN

20220416-joko-widodo-jokowi-di-lokasi-ikn-nusantara-14mar2022
Presiden Jokowi menikmati suasana malam di lokasi IKN Nusantara. Senin 14 Maret 2022.

maiwanews – Pemerintahan Presiden Joko Widodo menganggarkan Rp 30 triliun untuk pembangunan di IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Anggaran itu untuk pembangunan infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan Kementerian Perhubungan.

Menkeu (Menteri Keuangan) Sri Mulyani Indrawati pada telekonferensi mengatakan, dana sebesar Rp30 triliun dialokasikan dalam APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) 2023. Demikian VOA melaporkan hari Sabtu (16/04/2022).

Dalam telekonferensi hari Kamis di Istana Kepresidenan Jakarta, Menkeu Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah juga mencadangkan belanja pembangunan IKN (Ibu Kota Nusantara) antara 27 hingga 30 triliun rupiah.

Selain untuk membangun membangun infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan Kemenhub (Kementerian Perhubungan), anggaran itu juga untuk membangun berbagai simpul konektivitas di sepanjang jalan di IKN. Selain itu untuk pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, pendidikan, ketahanan, dan keamanan.

Anggaran itu menurut Menkeu Sri Mulyani adalah bagian dari anggaran infrastruktur APBN 2023 yakni berkisar Rp367 sampai Rp402 triliun. anggaran infrastruktur tahun depan cukup siginifikan dalam rangka penyelesaian berbagai program penting.

Proyek-proyek infrastruktur itu antara lain bidang perumahan, air minum, pengolahan air limbah, jaringan irigasi, pipa transmisi gas dari Cirebon-Semarang. Anggaran juga dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur bidang perhubungan seperti pembangunan jalan, jembatan, kereta api, dan bandara. Tidak ketinggalan infrastruktur bidang teknologi informasi, seperti satelit. (z)