Pemerintah Bagikan Obat Gratis untuk Isoman

Presiden Jokowi saat meluncurkan program pembagian obat gratis untuk isoman. Jakarta, Kamis 15 Juli 2021.

maiwanews – Pemerintah membagikan paket berisi obat-obatan dan vitamin kepada masyarakat yang menjalani program isolasi mandiri (isoman). Program pembagian paket ini diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kamis 15 juli di halaman Istana Merdeka Jakarta.

Untuk tahap awal akan dibagikan 300 ribu paket untuk masyarakat di Pulau Jawa dan Bali. Untuk tahap selanjutnya akan dibagikan 300 ribu paket lainnya untuk masyarakat di luar Pulau Jawa dan Bali.

Paket berisi kebutuhan untuk 7 hari ini terdiri dari tiga jenis, pertama adalah vitamin untuk masyarakat dengan hasil swab PCR (Polymerase Chain Reaction) positif tanpa gejala atau OTG (Orang Tanpa Gejala).

Paket 2 berisi vitamin dan obat bagi warga dengan hasil tes COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) PCR positif disertai keluhan panas demam dan kehilangan penciuman. Sedangkan paket 3 berisi vitamin dan obat untuk warga PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.

Presiden Jokowi pada kesempatan itu menyampaikan, pemberian paket 2 dan 3 diperlukan konsultasi dan resep dari dokter.

Lebih lanjut dikatakan paket obat dan vitamin untuk pelaku isoman tidak diperjualbelikan. Ia meminta pelaksanaannya diawasi dengan ketat agar mendapatkan hasil maksimal dalam upaya penanganan penderita COVID-19. (z/BPMI Setpres)