Pemerintah dan BI Sepakati Langkah Strategis Jaga Inflasi 2021

maiwanews – Dalam rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) secara daring, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menyepakati lima langkah strategis untuk menjaga inflasi 2021.

Pemerintah dan Bank Indonesia menyepakati lima langkah strategis untuk memperkuat pengendalian inflasi. Kesepakatan ini diambil dalam rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) yang digelar secara daring pada tanggal 11 Februari 2021.

Pada rapat koordinasi (rakor) itu Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dari kantornya mengatakan pembahasan rapat adalah seputar evaluasi dan capaian pengendalian inflasi. Selain itu dibahas mengenai strategi kebijakan kedepan.

Lima langkah strategis untuk mengendalikan inflasi tahun 2021 agar tetap berada pada kisaran 3,0±1% adalah: (1) Menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food) agar tetap pada kisaran 3,0% – 5,0%. (2) Memperkuat koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengendalian inflasi. (3) Memperkuat sinergi antar K/L dengan dukungan pemerintah daerah dalam rangka menyukseskan program TPIP 2021. (4) Memperkuat ketahanan pangan nasional dengan meningkatkan produksi. (5) Menjaga ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dalam rangka program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) untuk mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (Kemenko Ekonomi)