Pemerintah Siapkan Program Pemulihan Ekonomi

maiwanews – Di tengah merosotnya kondisi ekonomi, pemerintah menyiapkan program pemulihan. Dalam rapat terbatas Presiden Joko Widodo mengatakan program tersebut harus tepat dan dapat dieksekusi dengan cepat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan program pemulihan dilakukan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak terkoreksi lebih dalam lagi. Hal itu disampaikansaat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Perubahan Postur Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020 Rabu 3 Juni di Istana Merdeka Jakarta.

“Kita tahu kuartal pertama ekonomi kita hanya mampu tumbuh 2,97 persen”, kata Presiden Jokowi. Ia menambahkan, pada kuartal kedua, ketiga, serta keempat, pemerintah harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi, tidak sampai minus, dan bahkan diharapkan pelan-pelan mulai bisa¬†reborn.

Karena itu Presiden Jokowi meminta semua skema program pemulihan ekonomi. Termasuk diantaranya rancangan subsidi bunga untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), maupun penempatan dana untuk bank-bank terdampak restrukturisasi.

Presiden Jokowi ingin memastikan semua program pemulihan ekonomi dapat dilaksanakan di lapangan. (Setkab/TGH/EN)