Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Masih dalam Kondisi Koma

maiwanews – Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny saat ini masih berada dalam kondisi koma tapi kondisinya stabil dan gejala sakitnya berkurang, demikian kata para dokter Jerman Jumat 28 Agustus. Beberapa kalangan menduga politisi dan penyelidik korupsi tersebut mengalami koma akibat diracun.

Sekutu Navalny menuding Kremlin ada dibalik peracunan, namun tuduhan ini dibantah pejabat Rusia dengan menyebutnya sebagai bunyi tong kosong.

Navalny (44 tahun) merupakan pengecam paling keras dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia jatuh sakit saat dalam penerbangan dari Siberia ke Moskow pada 20 Agustus. Navalny dibawa ke Rumah Sakit (RS) di Omsk setelah pesawatnya melakukan pendaratan darurat.

Akhir minggu lalu, dia dipindahkan ke RS Charite di Berlin, di mana dokter menemukan petunjuk adanya penghambat cholinesterase di dalam sistem tubuhnya. Zat ini biasa ditemukan dalam obat, pestisida, dan agen saraf. Zat ini memblokir pemecahan unsur kimia acetycholine dalam tubuh, acetycholine perlu untuk transmisi sinyal di antara sel-sel saraf.

Istri Navalny, Yulia, mengunjungi secara teratur ke RS tempat Navalny dirawat. Pihak RS mengatakan Navalny diobati dengan penangkal atropine. Sementara kondisinya masih serius meski tidak ada ancaman langsung pada nyawanya. Karena derita pasien akibat tingginya tingkat keparahan peracunan, maka masih terlalu dini untuk mengkaji efek jangka panjangnya. (VoA/jm/pp)