Pemimpin Rusia, Brasil, dan Meksiko tak Hadir di KTT G20 Bali

20210809-luhut-binsar-pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan

maiwanews – Tiga pemimpin negara anggota G20 tak menghadiri KOnferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang kali ini berlangsung di Bali, Indonesia masing-masing adalah pemimpin Rusia, Brasil, dan Meksiko. Masing-masing negara tetap mengirim perwakilannya.

Itu artinya, sebanyak 17 kepala negara termasuk Komisi Eropa akan menghadiri KTT G20 yang berlangsung dua hari di Bali yakni tanggal 15 dan 16 November 2022.

Ke-17 negara tersebut adalah Amerika, China, Korea Selatan, Kanada, Inggris, Italia, Arab Saudi, Turki, Argentina, Australia, India, Afrika Selatan, Jepang, Jerman, Prancis, Komisi Eropa, dan tentu saja Indonesia sebagai tuan rumah.

Tiga negara yang tidak hadir karena alasan masing-masing. Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Presiden Vladimir Putin absen karena masalah dalam negerinya yang harus diselesaikan.

Meski Putin tidak hadir, namun menurut Luhut, Putin bakal diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov. Adapun alasan Presiden Brasil Jair Bolsonaro karena masih dalam masa transisi setelah melakukan pemilihan umum.

Sementara alasan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador tidak tidak hadir karena tidak pernah keluar dari negaranya. Andreas disebut bakal diwakili Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard.