Pemkab Gowa Sulsel Terapkan Perda Wajib Masker

maiwanews – DPRD Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan sahkan Ranperda wajib pakai masker dan penerapan protokol kesehatan menjadi Perda. 36 orang anggota legislatif menyetujui peraturan baru untuk penanganan COVID-19 itu. Pengesahan berlangsung pada rapat paripurna Selasa 25 Agustus malam.

Dalam pernyataannya di acara itu, Wakil Bupati (Wabup) Gowa, H Abd Rauf Malaganni (Kr. Kio), menyampaikan terima kasih atas pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda). Perda Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan tersebut dikatakan sebagai upaya penanganan dan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten (Kab) Gowa.

Dengan adanya Perda ini, Wabup Rauf berharap masyarakat menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan agar dapat memutus mata rantai penularan corona di Kabupaten Gowa.

Perda ini disahkan setelah melalui proses pembahasan bersama sejumlah pihak dan melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Demikian disampaikan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Anwar Usman. Menurutnya, keberadaan Perda ini merupakan langkah maju Pemkab Gowa dalam penanganan COVID-19.

Selain Politisi Partai Perindo ini menilai bahwa kehadiran Perda ini merupakan satu langkah lebih maju yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa dari daerah lainnya. Menurutnya ini salah satu langkah efektif untuk penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Gowa.
“Ini Insya Allah akan efektif dan persoalan efektif atau tidaknya ini adalah langkah yang lebih maju dari beberapa tempat yang lain. Kita sudah melakukan hal hal begini dan tetap kita akan pantau bagaimana perkembangannya termasuk penegakannya,” tambahnya. (maiwanews/andik)