Pemprov Sulsel Siapkan 20 Unit Kapal untuk Nelayan

maiwanews – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan setidaknya 20 unit kapal fibel untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Dengan bantuan ini diharapkan kehidupan para nelayan di wilayah kepulauan semakin baik. Hal ini disampaikan Gubernur Nurdin Abdullah Senin 10 Agustus.

Mantan Bupati Bantaeng itu hari ini menerima Direktur Utama (Dirut) PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Persero, Diana Rosa, di Kantor Gubernur (Gub) Sulawesi Selatan (Sulsel). Gub Nurdin meminta IKI menyiapkan kapal-kapal fiber untuk para nelayan.

Dalam pertemuan itu Gub Nurdin mengatakan pemerintah provinsi (pemprov) akan terus memberi perhatian bagi masyarakat, termasuk nelayan. Menurut Gub Nurdin, Prov Sulsel memiliki 330 pulau dengan potensi sangat luar biasa.

Dirut IKI, Diana Rosa, mengatakan siap mendukung program Gubernur Sulsel termasuk membuat 20 unit kapal fiber untuk nelayan-nelayan di pulau. Tugas khusus ini rencananya mulai dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang. Kapal fiber dikatakan sangat baik digunakan nelayan dikepulauan karena ringan, cepat serta pembuatannya tidak lama.

Dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai proyek satu sistem terintegrasi untuk para nelayan di 330 pulau di Sulsel. Dengan sistem ini nelayan fokus pada mencari ikan, sementara urusan lelang dan proses ekspor akan dibuatkan sistemnya oleh pemerintah. (Pemprov Sulsel/Diskominfo)