Penduduk Lokal akan Jadi Bagian Pembangunan IKN

20220720-bambang-susantono-pub20jul2022
Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menyampaikan keterangan pada Rabu, 20 Juli 2022, seusai mengikuti rapat terbatas dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: BPMI Setpres/Kris)

maiwanews – Penduduk lokal akan menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan Ibu Kota Nusantara. Untuk itu, nantinya mereka dipersiapkan dan dibekali dengan ragam pelatihan sesuai kebutuhan.

Demikian disampaikan Kepala Badan Otorita IKN (Ibu Kota Nusantara) Bambang Susantono Rabu (20/07/2022) di Istana Merdeka, Jakarta. Keterangan disampaikan seusai mengikuti rapat terbatas dipimpin Presiden Jokowi (Joko Widodo).

“Kami bekerja sama dengan elemen masyarakat”, tegas Bambang Susanto. Ia menjelaskan, elemen tersebut termasuk LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), akademisi, serta CSR (Corporate Social Responsibility) dari beberapa BUMN (Badan Usaha Milik Negara) maupun perusahaan.

Berbagai elemen masyarakat akan mendapat pembekalan untuk reskilling maupun upskilling. Berbagai keterampilan tersebut Insya Allah dibutuhkan oleh masyarakat di kawasan IKN.

Bambang menjelaskan, dengan bekal keterampilan, nantinya masyarakat lokal juga akan menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembangunan IKN.

Disampaikan pula bahwa dalam rapat, Bambang melaporkan hal-hal terkait persiapan infrastruktur bangunan-bangunan inti. Pembangunan infrastruktur rencananya dibangun pertama kali pada Agustus. Persiapan pembangunan infrastruktur mencakup konsolidasi lahan hingga akses logistik. (z/BPMI Setpres)