Perekonomian Jatim Membaik di Triwulan I – 2021

maiwanews – BI (Bank Indonesia) Jatim merilis perekonomian di Jatim pada triwulan I – 2021 dibandingkan dengan triwulan 4 – 2020 ada peningkatan membaik meskipun masih dalam situasi pandemic covid-19. Peningkatan konsumsi pemerintahan, perbaikan investasi serta nilai ekspor antar daerah merupakan pengeluaran perbaikan ekonomi di Jatim pada triwulan 1 – 2021.

Dalam bincang bincang media Jawa Timur (Jatim) secara virtual senin (10/05) , Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, “Peningkatan kinerja ekonomi Jatim  yang lebih tinggi tertahan oleh penurunan konsumsi rumah tangga dan ekspor luar negeri,”

Untuk ekonomi domestic perbaikannya hampIr disemua komponen PDB (Produk Gomistik Bruto) di sisi pengeluaran dan lapangan usaha sedangkan sisi pengeluaran kinerja ekspor tumbuh positif di triwulan 1 – 2021. ”Perbaikan kinerja ekspor di topang oleh permintaan dari mitra dagang utama khususnya Tiongkok dan Amerika Serikat,” tambahnya.

Sedangkan perbaikan investasi dan perkembangkan dari sektor eksternal  mendorong kinerja import tumbuh. Tumbuhnya import dalam bentuk belanja barang, belanja modal dan bantuan modal sedanhkan dari sisi Lapangan Usaha (LU) melanjutkan perbaikan seperti LU pengadaan air dan LU jasa kesehatan.

Sulawesi – Maluku, Papua (Selampau) merupakan salah satu wilayah yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, secara special (FL/Kominfo Jatim)