Perenang Tempur Portugis Dilengkapi 18 Jenis Peralatan

20220612-perenang-tempur-portugis-10jun2022
Salah seorang anggota perenang tempur Portugis dalam sebuah latihan. Dipublikasikan Jumat, 10 Juni 2022.

maiwanews – Perenang tempur Portugis dilengkapi setidaknya 18 jenis peralatan militer seberat kurang lebih 40 kg. Berenang dengan bebat seberat itu sudah menjadi pekerjaan sehari-hari bagi mereka.

Salah seorang perenang tempur Portugis, Sersan Kedua Andre Ascensao, mengungkap isi perlengkapannya dalam menjalankan tugas. Ia adalah seorang komandan seksi di Peleton Pengintaian Portugis.

Peleton ini beroperasi di Lituania sebagai bagian dari Tindakan Jaminan NATO (North Atlantic Treaty Organization/Pakta Pertahanan Atlantik Utara). Operasi ini terdiri dari kegiatan darat, laut, dan udara di sekitar wilayah Timur aliansi.

Andre Ascensao dalam wawancara dengan tim media NATO mamaparkan apa saja peralatan (item) marinir dalam operasi. Alat-alat tersebut adalah senapan G3, sepucuk pistol glock, helm pelindung, teropong penglihatan malam F50x50, dan amunisi tambahan. Kelima peralatan ini berada di luar tas ataupun rompi.

Di dalam rompi, marinir perenang tempur dibekali dengan perlengkapan peralatan medis individual sebagai perlengkapan keenam. Sementara perlengkapan ketujuh adalah alat navigasi terdiri dari kompas, GPS (Global Positioning System), dan lampu.

Perlengkapan kedelapan ada baju selam 7 milimeter, kesembilan fin atau sejenis sepatu berbentuk sirip. Keduanya dikenakan di badan dan kaki saat berenang.

Kesepuluh ransel khusus dengan bahan tahan air untuk berenang maupun menyelam. Di dalam ransel ini ada beberapa peralatan yaitu kostum ghillie untuk menyamarkan diri (alat kesebelas), teropong atau keker (item 12), kamera termal (item 13), dan ransum tempur untuk kebutuhan 72 jam (item 14).

Di dalam ransel anti air juga berisi peralatan pengumpulan data dan transmisi (item ke-15), perlengkapan komunikasi (radio) beserta baterai cadangan (16), seragam cadangan (17), dan terakhir adalah pisau (18). (hiu)