Pergerakan Pasukan Rusia di Ukraina Melambat

20220227-lloyd-austin-oleksii-reznikov-18nov2021
Menhan AS Lloyd J Austin III bertemu dengan Menhan Ukraina Oleksii Reznikov di Pentagon, Washington, D.C.. 18 November 2021.

maiwanews – Pergerakan pasukan Rusia di Ukraina mengalami perlambatan. Sejak hari Selasa belum ada perubahan signifikan di lapangan. Pejabat senior Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam keterangan pers mengungkap beberapa penyebabnya.

Pentagon hari Rabu (03/03/2022) mengatakan, pejabat senior tersebut menilai perlawanan Ukraina berhasil menghambat pergerakan pasukan Rusia. Di sisi lain, duplai logistik dan dukungan terhadap pasukan Rusia terbilang buruk.

Pejabat Dephan AS (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) itu mengatakan, di Chernihiv, Kharkiv, dan Kiev (Kyiv), di Ukraina bagian Utara, perlawanan Ukraina terus berlanjut terhadap kemajuan Rusia. Kota-kota itu sedang diserang, tetapi tidak ada gerakan berarti dari Rusia untuk merebutnya.

Di Selatan, pasukan Rusia membuat kemajuan, mengancam Kerson dan mendekati Mariupol dari Selatan, dan mereka juga mengerahkan pasukan dari Donetsk di Timur menuju daerah itu. Pejabat itu mengatakan kota-kota itu masih diperebutkan.

Wilayah udara di atas Ukraina tetap diperebutkan. Rusia belum mencapai superioritas udara di seluruh negeri. Kemampuan pertahanan udara dan rudal Ukraina tetap utuh. Rusia kini telah meluncurkan sekitar 450 rudal balistik dan jelajah jarak pendek dan menengah, sejak dimulainya perang, kata pejabat itu.

“Kami pikir ada banyak alasan mengapa (Rusia) tidak membuat kemajuan sebagaiman mereka inginkan” kata pejabat itu. Selain itu, mengutip masalah logistik dan keberlanjutan dan perlawanan dari Ukraina, ia juga percaya bahwa rusia memiliki masalah moral. Jadi, kemungkinan ada banyak faktor.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terus secara efektif mengendalikan angkatan bersenjatanya. AS dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) terus memasok amunisi dan pasokan lainnya ke Ukraina, pejabat itu menambahkan. (z)